Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit dalam menunjang peningkatan pelayanan di rumah sakit
Abstract
Kualitas pelayanan (service quality) dapat diketahui dengan cara membandingkan persepsi pasien atas pelayanan yang mereka terima dengan pelayanan yang sesungguhnya mereka harapkan terhadap atribut-atribut pelayanan suatu fasilitas kesehatan. Kualitas pelayanan kesehatan pada rumah sakit harus selalu ditingkatkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pasien/masyarakat. Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit sangat penting dilakukan untuk dapat meningkatkat pelayanan kesehatan. Keberhasilan penerapan SIMRS tergantung kepada human quality, organization, technology dan net benefit (HOT-FIT). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah Penerapan SIMRS dapat meningkatkan kualitas pelayanan Kesehatan. Penelitian ini dilakukan dengan literature review dan pencarian jurnal menggunakan google scholar. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan karena memudahkan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien/masyarakat serta dapat memudahkan manajemen dalam mengambil keputusan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.47317/jkm.v17i2.670
Statistik Pengunjung