Metode Simulasi Permainan Monopoli terhadap pengetahuan komprehensif HIV/AIDS pada remaja di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Kharisma Puspa Ningtyas, Nur Yeti Syarifah, *Novi Istanti

Abstract


Latar Belakang: HIV masih menjadi permasalahan kesehatan di dunia. Berdasarkan Pemerintah Kota Yogyakarta (2023) urutan 3 besar kasus HIV/AIDS tertinggi di DIY terjadi di Kabupaten Bantul 425 kasus, disusul dengan Kabupaten Sleman 422 kasus dan Kota Yogyakarta 291 kasus. Kelompok remaja usia 16-18 tahun merupakan kelompok usia yang rentan terhadap perilaku berisiko terkait dengan HIV/AIDS. Dampak dari HIV bagi remaja yaitu tidak hanya berdampak buruk secara fisik, namun dapat mempengaruhi kesehatan mental, emosi, keadaan ekonomi, dan kesejahteraan sosial dalam jangka panjang.

Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh Metode Simulasi Permainan Monopoli Terhadap Pengetahuan Komprehensif HIV/ AIDS Pada Remaja di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Metode Penelitian: Jenis penelitian ini merupakan Pre Experimental design dengan menggunakan design One Group Pretest Posttest Design. Sampel penelitian 39 remaja kelas X dan XI SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Teknik sampling menggunakan total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengukur pengetahuan. Analisa data menggunakan t test.

Hasil: Tingkat pengetahuan remaja kelas X dan XI setelah diberikan metode simulasi permainan monopoli mengalami peningkatan, hal ini dapat diketahui melalui uji Paired sample t-test diperoleh (p value=0,000<0,05). Dengan ini dapat diketahui bahwa ada pengaruh metode simulasi permainan monopoli terhadap tingkat pengetahuan remaja terkait dengan HIV/AIDS sebelum dilakukan dan setelah dilakukan metode permainan monopoli.

Kesimpulan: Ada pengaruh metode simulasi permainan monopoli terhadap tingkat pengetahuan komprehensif HIV/AIDS pada remaja di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.


Keywords


HIV/AIDS; permainan monopoli; dewasa; pengetahuan



DOI: https://doi.org/10.47317/jkm.v17i2.669

Statistik Pengunjung