HUBUNGAN KEDEKATAN KELUARGA DENGAN KONSEP DIRI MAHASISWA BARU DI STIKES WIRA HUSADA YOGYAKARTA

Nasiatul Aisyah Salim, Siti Uswatun Chasanah

Abstract


Latar Belakang: Mahasiswa baru menghadapi berbagai macam hal baru yang dituntut melakukan penyesuaian diri sendiri dan social. Konsep diri merupakan salah satu factor penting dari aspek perkembangan diri. Mahasiswa yang memiliki konsep diri positif akan semakin tinggi ketangguhan mahasiswa. Konsep diri juga akan mempengaruhi karakter mahasiswa. Salah satu factor pembentuk konsep diri mahasiswa adalah keluarga. Keluarga merupakan tempat pertama dalam kehidupan anak untuk belajar. Anak yang kurang memiliki hubungan baik dengan keluarga maka akan mengalami trauma emosional sehingga mempengaruhi konsep diri anak. Tujuan Penelitian: mengetahui hubungan kedekatan keluarga dengan konsep diri mahasiswa baru STIKES Wira Husada Yogyakarta. Metode Penelitian: Responden penelitian ini adalah mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 sebanyak 97 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total populasi. Instrumen penelitian adalah kuesioner kedekatan keluarga sebanyak 9 pertanyaan dan konsep diri sebanyak 22 pertanyaan. Analisis data dilakukan menggunakan uji spearman rank. Hasil penelitian: menjelaskan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kedekatan keluarga dengan konsep diri mahasiswa baru.

Keywords


konsep diri, mahasiswa baru, kedekatan keluarga

Full Text:

PDF

References


Astuti F, Edwina DS TN. Resiliensi pada Mahasiswa Tahun Pertama Program Kelas Karyawan Ditinjau dari Konsep Diri. Published online 2017.

Syabanawati EN. Gambaran College Adjustment Mahasiswa Angkatan 2011 Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Published online 2014.

Cholily A. Hubungan antara konsep diri dengan resiliensi pada mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2010-2013 Universitas Islam Negeri Malang. Published online 2014.

Nur IF, Ekasari A. Hubungan antara konsep diri dengan kecerdasan emosional pada remaja. SOUL J Pemikir dan Penelit Psikol. 2008;1(2):15-31.

Mu’in F, Karakter P. Konstruksi Teoritik dan Praktek. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Published online 2011.

Angkawijaya YF. Peran perguruan tinggi sebagai agen perubahan moral bangsa (Studi kasus peran konsep diri terhadap karakter mulia pada mahasiswa di Universitas X Surabaya). Widyakala J Pembang Jaya Univ. 2017;4(1):36-42.

Yunistiati F, Djalali MA ad, Farid M. Keharmonisan keluarga, konsep diri dan interaksi sosial remaja. Pers J Psikol Indones. 2014;3(01). doi:https://doi.org/10.30996/persona.v3i01.371

Anggreni NLPY, Cahayani NLP. PENGARUH KONSEP DIRI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA BARU. Widyadari J Pendidik. 2019;20(2).

Pambudi PS, Wijayanti DY. Hubungan konsep diri dengan prestasi akademik pada mahasiswa keperawatan. J Keperawatan Diponegoro. 2012;1(1):149-156.

Sofia L. Hubungan Konsep Diri Dan Kematangan Emosi Dengan Motivasi Berprestasi. Psikostudia J Psikol. 2012;1(2):81-90.

Chotimah C. Hubungan religiusitas, konsep diri dan keintiman keluarga dengan perilaku seksual pranikah pada mahasiswa program studi DIII kebidanan poltekkes bhakti mulia sukoharjo. IJMS-Indonesian J Med Sci. 2015;2(1).

Respati WS, Yulianto A, Widiana N. Perbedaan konsep diri antara remaja akhir yang mempersepsi pola asuh orang tua authoritarian, permissive, dan authoritative. J Psikol. 2006;4(2):119-138.

Isminayah A. Relasi Tingkat Keharmonisan Keluarga dengan Konsep Diri Remaja. al-Balagh J Dakwah dan Komun. 2016;1(2):233-248.

Thanoesya R, Syahniar S, Ifdil I. Konsep Diri dan Optimisme Mahasiswa dalam Proses Penulisan Skripsi. JPPI (Jurnal Penelit Pendidik Indones. 2016;2(2):58-61.

Sitepu JM, Nasution M. Pengaruh konsep diri terhadap coping stress pada mahasiswa FAI UMSU. Intiqad J Agama Dan Pendidik Islam. 2017;9(1):68-83.

Irawan S. Pengaruh konsep diri terhadap komunikasi interpersonal mahasiswa. Sch J Pendidik Dan Kebud. 2017;7(1):39-48.

Candrawati D. Persepsi terhadap pola asuh demokratis dan konsep diri terhadap penyesuaian diri pada mahasiswa. Psikostudia J Psikol. 2019;8(2):99-107.

Andriyani N, Indrawati ES. Dasar Hubungan Kedekatan Anak Dengan Orangtua Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang. J EMPATI. 2013;2(4):296-304.

Khasanah PM. Hubbungan Keintiman Keluarga dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta. Published online 2011.

Sugijanto GO. Perbedaan Tingkat Kecemasan dan Kecerdasan Emosional Antara Mahasiswa dengan Tingkat Keintiman Keluarga Tinggi dan Rendah. Published online 2012.

Malik MA. Pengaruh Kualitas Interaksi Orang tua-Anak dan Konsep Diri Terhadap Kecerdasan Emosional Pada Siswa SMU di Makasar. J Psikol. 2003;(1):51-63.

Salim NA, Antara AN. Hubungan Kedekatan Keluarga dengan Konsep Diri Remaja Putri di Panti Asuhan Al Islam, Sleman, Yogyakarta. SEHATMAS J Ilm Kesehat Masy. 2022;1(1):83-91.

Vidyanindita AN, Agustin RW, Setyanto AT. Perbedaan penyesuaian diri ditinjau dari konsep diri dan tipe kepribadian antara mahasiswa lokal dan perantau di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Wacana. 2017;9(2).




Statistik Pengunjung