Pengaruh terapi bermain mewarnai gambar terhadap tingkat kecemasan anak prasekolah di ruang rawat inap Punokawan Rumah Sakit Umum Rajawali Citra
Abstract
Latar Belakang: Terapi bermain merupakan bentuk pengalaman bermain yang direncanakan sebelum anak menghadapi tindakan keperawatan untuk koping mereka terhadap kecemasan, ketakutan dan mengajarkan kepada mereka tentang tindakan keperawatan yang dilakukan selama hospitalisasi.
Tujuan Penelitian: Mengetahui Tingkat kecemasan anak sebelum dan setelah terapi bermain mewarnai gambar di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Rajawali Citra.
Metode Penelitian: Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan rancangan penelitian quasi experimental Populasi anak usia 3–6 tahun yang di rawat di ruang rawat inap punokawan Rumah Sakit Umum Rajawali Citra dengan jumlah sampel sebanyak 24 pasien anak. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre test-post test design.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan sebelum intervensi, mayoritas responden memiliki tingkat kecemasan sedang yaitu sebanyak 14 responden (58,3%), dan sesudah terapi bermain, tingkat kecemasan mayoritas responden berada pada kategori tidak cemas sebanyak 14 responden (58,3%). Hasil uji wilxocon penelitian menunjukkan p volue= 0,000 (< 0,05) sehingga ada pengaruh Terapi bermain mewarnai gambar terhadap tingkat kecemasan anak pra sekolah.
Kesimpulan: Diperoleh Hasil adanya pengaruh Terapi bermain mewarnai gambar terhadap tingkat kecemasan anak pra sekolah selama perawatan di Ruang Rawat Inap RSU Rajawali Citra
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.47317/mikki.v14i1.728
Copyright (c) 2025 Mikki: Majalah Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Indonesia
View My Stats