Efektivitas Penyuluhan Tentang Bullying pada Remaja Putri Panti Asuhan

Tedy Candra Lesmana

Abstract


Bullying yang terjadi pada siswa remaja di Indonesia sangat tinggi. Terjadinya bullying dapat disebabkan ketidaktahuan remaja tentang hal itu. Diperlukan upaya penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan tentang bullying. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penyuluhan tentang bullying pada remaja putri panti asuhan. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif analitik menggunakan rancangan Quasi Experimental tanpa kelompok kontrol menggunakan rancangan one group pretest-posttest. Populasi penelitian melibatkan 30 remaja putri panti asuhan. Variabel yang diamati berupa penyuluhan dan tingkat pengetahuan tentang bullying. Alat penelitian menggunakan kuesioner terdiri dari 5 pertanyaan menanyakan tentang pengertian, penyebab, bentuk perilaku dan pencegahan bullying. Tahap pengumpulan data diawali dengan pre-test tentang bullying. Pemberian intervensi pendidikan kesehatan melalui melalui penyuluhan tentang pengetahuan bullying dilakukan setelah pretest selesai dikerjakan. Materi disajikan dalam bentuk slide Powerpoint dan pemutaran video tentang bullying.  Posttest dilakukan 10 menit setelah penyajian materi. Efektivitas penyuluhan tentang bullying pada remaja putri panti asuhan dianalisis dengan SPSS. Tahapan uji analisis berupa untuk uji normalitas dan uji efektivitas menggunakan Wilcoxon Signes Rank Test. Tingkat pengetahuan tentang bullying sebelum penyuluhan pada kategori tinggi 70% dan rendah 30%. Tingkat pengetahuan tentang bullying setelah diberi penyuluhan menjadi tinggi (100%). Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh hasil nilai Z hitung = -3,491 dan nilai sig. 0,000, dimana nilai Zhitung > Ztabel atau nilai sig < 0,05 sehingga hipotesis dapat diterima. Ada pengaruh penyuluhan terhadap perubahan pengetahuan remaja. Penyuluhan efektif untuk meningkat pengetahuan tentang bullying pada remaja putri panti asuhan.


Keywords


Pengetahuan; bullying; remaja putri; panti asuhan

Full Text:

PDF

References


Plan International and International Center for Research on Women (ICRW). Are schools safe and equal places for girls and boys in ASIA? Research findings on school-related gender-based violence [Internet]. Bangkok; 2015. Available from: https://plan-international.org/uploads/2022/01/2015_are_schools_safe_and_equal_places_for_girls_and_boys_in_asia_en.pdf

Lereya ST, Winsper C, Heron J, Lewis G, Gunnell D, Fisher HL, et al. Being bullied during childhood and the prospective pathways to self-harm in late adolescence. J Am Acad Child Adolesc Psychiatry. 2013;52(6):608–18.

Klomek AB, Marrocco F, Kleinman M, Schonfeld IS, Gould MS. Bullying, depression, and suicidality in adolescents. J Am Acad Child Psychiatry. 2007;46(1):40–9.

Admin. Bullying di kalangan remaja [Internet]. 2022 [cited 2023 Jul 25]. Available from: https://feb.umsu.ac.id/bullying-di-kalangan-remaja/

Waliyanti E, Kamilah F, Fitriansyah RR. Fenomena perilaku bullying pada remaja di Yogyakarta. J Ilm Keperawatan Indones. 2018;2(1):50-64.

Artanti A, Novianti R, N Z. Analisis bullying pada anak panti asuhan usia 0-6 tahun di panti asuhan Ar-Rahim Pekanbaru. J Pendidik Tambusai. 2021;5(2):2848–2857.

Zanu RM, Suryanto. Hubungan antara harga diri dengan bullying pada remaja di panti asuhan. J Psikol Kepribadian dan Sos. 2018;7:27–36.

Clara AS. Mental interference in orphanage children: public health literacy for children at orphanage. In BKM Public Health and Community Medicine; 2021.

Sari DN. Dampak bullying terhadap mental anak panti asuhan Ibadurrahman Kota Jambi [Internet]. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi; 2020. Available from: http://repository.uinjambi.ac.id/6640/1/303171251_Dian Novita Sari_ bimbingan penyuluhan islam.pdf

Saibon J. Status Sosial Pelajar, Konflik Keluarga, Tahap Maskulin dan Pendedahan Keganasan Menerusi Media dengan Tahap dan Jenis Kecenderungan Tingkah Laku Buli dalam Kalangan Pelajar Lelaki di Sekolah Menengah di Pulau Pinang. Universiti Kebangsaan Malaysia; 2009.

Budiana AAM, Maulana I, Shalahuddin I. Gambaran tingkat pengetahuan remaja tentang bullying di SMA Tamansiswa Rancaekek. Manuju Malahayati Nurs J. 2022;4(4):919–27.

Noviana E, Pranata L, Fari AI. Gambaran tingkat pengetahuan remaja sma tentang bahaya bullying. Publ Penelit Terap dan Kebijak. 2020;3(2):75–82.

Utami DS, Daely LS, Haryanto E. Pengetahuan remaja tentang bullying di SMA Dan SMK PGRI Lembang Kabupaten Bandung Barat. J Kesehat Aeromedika. 2017;3(1):17–24.

Widayati RW, Lestiawati E, Wijaya FM. The effect of bibliotherapy to improve youth’s knowledge and attitudes about bullying in the diponegoro orphanage. J Keperawatan Respati Yogyakarta. 2021;82(2):67–71.

A’ini ADN, H AR. Hubungan harga diri dan pengetahuan tentang bullying dengan perilaku bullying pada remaja. J Ilm Keperawatan Altruistik. 2020;3(2):28–37.

Dewi MUK. Educational peer group teenager to teenager’s knowledge about bullying. J Kebidanan. 2021;10(2):97–104.

Suryagustina, Damayanti H, Aprianti R. Hubungan mekanisme koping dengan sikap siswa berdasarkan teori Abraham Maslow di SMAN 3 Palangka Raya. Stikes Eka Harap Palangka Raya; 2017.

Yolanda F, Budiyati GA. Pengaruh pendidikan kesehatan dengan video edukasi tentag bullying tehadap perilaku bullying pada anak di SD Pujokusuman 1 Yogyakarta. Nurs Sci J. 2020;1(2):28–37.

Linasari T. Keefektifan videotherapy dalam menumbuhkan kesadaran anti-bullying pada siswa kelas V. J Pendidik Guru Sekol Dasar. 2016;36(5):3.438-3.447.

Fransiska I, Yenita RN, Mianna R. Efektivitas pendidikan kesehatan melalui audio visual tentang bullying terhadap pengetahuan dan sikap siswa SMP Negeri 38 Pekanbaru. Al-Tamimi Kesmas J Ilmu Kesehat Masy. 2020;9(1):24–30.

Junalia E, Malkis Y. Edukasi upaya pencegahan bullying pada remaja di Sekolah Menengah Pertama Tirtayasa Jakarta. J Community Serv Heal Sci. 2020;1(1):15–20.

Zulfa SZ, Wahyuni I, Hayati S, Safitri Y, Kirana DN, Ingelia, et al. Edukasi bullying pada remaja untuk mencegah perilaku menyimpang di SMPN 3 Pekanbaru. JDISTIRA. 2022;2(2):151–7.

Ru’iya S. Mencegah perilaku bullying melalui bimbingan klasikal dengan media video di panti asuhan. J Konseling Indones. 2022;7(2):75–82.

Sustiyono A. Perbedaan Efektifitas Metode Ceramah dan Media Video dalam Meningkatkan Pengetahuan Pembelajaran Praktikum Keperawatan. Faletehan Heal J. 2021;8(2):71–6.

Afifah AN, Gunawan R. Pengaruh video based learning terhadap pengetahuan konseptual siswa pada muatan pelajaran matematika kelas II SDN Cilangkap 01 Pagi. J Cendekia J Pendidik Mat. 2022;6(3):2405–16.

Sandri R. Perilaku bullying pada remaja panti asuhan ditinjau dari kelekatan dengan teman sebaya dan harga diri. J Psikol Tabularasa. 2015;10(1):43–57.




DOI: https://doi.org/10.47317/mikki.v13i1.610

Copyright (c) 2024 Mikki: Majalah Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Indonesia

View My Stats