Mutu pelayanan keperawatan berhubungan dengan kepuasan pasien pada masa pandemi covid-19 di RSUD Prambanan Yogyakarta
Abstract
Latar Belakang: Mutu pelayanan keperawatan merupakan indikator kualitas pelayanan kesehatan karena menjadi salah satu penentu citra Instansi pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul dari layanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien menilai dengan apa yang diharapkan.
Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan MutuPelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Pada Masa Pandemi COVID-19 di RSUD Prambanan Yogyakarta.
Metode Penelitian: Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimental rancangan yang digunakan adalah Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap di RSUD Prambanan Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Jumlah populasi adalah seluruh pasien yang di rawat di Rumah sakit. Sampel 68 responden alat pengumpulan data menggunak kuesioner analisa data menggunakan Spearman Rank.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukan bahwa mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien dengan memperoleh nilai significancy ( p= 0,009 < 0,01) dengan sehingga hipotesis diterima bahwa ada hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien RSUD Prambanan dengan Correlation Coefficient 0,313 yang berarti ada keeratan hubungan yang cukup tinggi antara variabel mutu pelaynan keperawatan dengan kepuasan pasien.
Kesimpulan: Ada hubungan antara hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien RSUD Prambanan Yogyakarta.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
KEMENKES RI. Peraturan menteri kesehatan No. 43 tahun 2016 tentang standar pelayanan minimal. 2016.
Nursalam. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam praktik Keperawatan Profesional. 5th ed. Salemba medika; 2017.
Fitzsimmons JA and MJF. Service Management: Operations, Strategy, Information Technology 7th edition. The McGrawHill Internation Edition. Serv Manag Oper Strateg Inf Technol 7th Ed McGrawHill Int Ed. 2011;
Elisabeth dalam Wawan dan Dewi. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika; 2010.
Merryani E. Oroh Sefti Rompas &Linnie Pondaag. Faktor-faktor Yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan keperawatan di ruang interna di RSUD Noongan. Fakt Yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien rawat Ina terhadap pelayanan keperawatan di ruang interna di RSUD Noongan. 2014;
Rizal Achmad, Agus Jalpi. Analisis Faktor Internal Penentu Kepuasan Pasien Puskesmas Kota Banjarmasin. Anal Fakt Intern Penentu Kepuasan Pasien Puskesmas Kota Banjarmasin. 2018;4.
Depdiknas. tentang sistem pendidikan nasional. 2003.
Olga Jadha Casmira. Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. 2019.
Menkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 28 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. No Title. 2014.
Burhanuddin. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rsud Syekh Yusuf Gowa. Ubungan Mutu Pelayanan Kesehat Dengan Kepuasan Pasien Rsud Syekh Yusuf Gowa. 2015;12:42–3.
Roesmono B. Hubungan Pelayanan Tenaga Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Bpjs. Hub Pelayanan Tenaga Kesehat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Bpjs. 2017;
Nasus & Tulak. tentang Tingginya Mutu Pelayanan Keperawatan Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pasien Di Blud RS Benyamin Guluh Kolaka. tentang Tingginya Mutu Pelayanan Keperawatan Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pasien Di Blud RS Benyamin Guluh Kolaka. 2020;5.
Jahirin. Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit. Hub Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Ina Rumah Sakit. 2017;5.
Sesrianty V, Machmud R, Yeni F. Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. J Kesehat PERINTIS (Perintis’s Heal Journal). 2019;6(2):116–26.
Tiara Putri Ryandini LH. Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Asoka RSUD Dr. R. Koesma Tuban. Hub Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Asoka RSUD Dr R Koesma Tuban. 2019;1.
Butar-butar J, Simamora RH. Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. J Ners Indonesia. 2016;6(1):51–64. Available from: https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JNI/article/view/4358/4177
DOI: https://doi.org/10.47317/mikki.v11i2.490
Copyright (c) 2022 Mikki: Majalah Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Indonesia
View My Stats