Hubungan persepsi pasien tentang perilaku caring perawat dengan mutu pelayanan di Ruang Hemodialisa RS Bhayangkara POLDA DIY
Abstract
Tujuan: Mengetahui hubungan persepsi pasien tentang perilaku caring perawat dengan mutu pelayanan di Ruang Hemodialisa RS Bhayangkara Polda DIY.
Metode: Metode penelitian ini yaitu deskriptif korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rutin yang menjalani Tindakan hemodialisa di RS Bhayangkara Polda DIY berjumlah 18 pasien. Teknik pengambilan sampel yaitu total populasi. Analisis data menggunakan uji pearson product moment.
Hasil: Hasil penelitian didapatkan Sebagian besar perilaku caring perawat dalam kategori baik (83.3%) dan mutu pelayanan sebagian besar dalam kategori baik (72.2%). Hasil uji pearson product moment didapatkan nilai p=0.001 yang berarti ada hubungan yang signifikan antara perilaku caring dengan mutu pelayanan.
Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara perilaku caring dengan mutu pelayanan di Ruang Hemodialisa RS Bhayangkara Polda DIY.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Yagina (2014). Buku Ajar Keperawatan Medikal-Bedah. Jakarta: Yayasan Ginjal
Diatrash Indonesia
Indonesia Renal Registry. (2018).Report of Indonesian Renal Registry 9 th
Edition.Jakarta: perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri)
Wulandari, R. D., Ridho, I. A., Supriyanto, S., Qomarrudin, M. B., Damayanti, N. A.,
Laksono, A. D., & Rassa, A. N. F. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Akreditasi Puskesmas
terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 15(3),
-236
Alligood dan Tomey. (2015). Nursing Theorist and Their Work. St Louis: The CV
Mosby Company
Aditya, G.M. (2015). Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Tingkat Kecemasan
Pasien Penyakit Jantung Koroner di RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta
Skripsi. Yogyakarta: STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta
Agung Setiawan & Dicky (2017), Persepsi Pasien Hemodialisis tentang perilaku caring
perawat dalam pelayanan keperawatan di ruang Hemodialisis RSUD Dr.Hardjono
Ponorogo
Potter & Perry. (2014). Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Sinurat, J & Zukarnain, A.K. (2015). Analisis Kepuasan Pasien terhadap Kualitas
Pelayanan di Bangsal Hemodialisis RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Majalah
Farmaseutik, Vol.10, No. 1
Wijono, D. (2014). Manajemen Mutu Pelajaran Kesehatan; Teori, Strategi dan, Aplikasi.
Surabaya; Airlangga University Press,
Kusmiran. (2019). Soft skills caring dalam pelayanan keperawatan, Edisi 2. Jakarta
Butar-butar, J., & Simamora, R. H. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan
Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Pandan Kabupaten Tapanuli
Tengah. Jurnal Ners Indonesia, 6(1), 51–64.
DOI: https://doi.org/10.47317/mikki.v11i1.444
Copyright (c) 2022 MIKKI (Majalah Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Indonesia)
View My Stats