Hubungan persepsi pasien tentang perilaku caring perawat dengan mutu pelayanan di Ruang Hemodialisa RS Bhayangkara POLDA DIY

Suci Vita Yulianti, Antok Nurwidi Antara, Akhmad Toha

Abstract


Latar Belakang: Perilaku Caring perawat adalah sikap peduli terhadap pasien dengan memberikan perhatian pada kebutuhan pasien. Perilaku caring perawat merupakan hal yang penting karena dapat meningkatkan derajat Kesehatan pasien secara sosial dan psikologis terjalin hubungan interpersonal antara perawat dan pasien. Seorang perawat harus memiliki pengetahuan dalam melaksanakan tindakan keperawatan serta sikap baik tentang caring. Hasil wawancara pada 5 pasien di tempat penelitian didapatkan bahwa terdapat perawat dalam menyampaikan informasi kepada pasien kurang jelas, kurang halus dan respon dalam menanggapi keluhan pasien kurang cepat. 

Tujuan: Mengetahui hubungan persepsi pasien tentang perilaku caring perawat dengan mutu pelayanan di Ruang Hemodialisa RS Bhayangkara Polda DIY.

Metode: Metode penelitian ini yaitu deskriptif korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rutin yang menjalani Tindakan hemodialisa di RS Bhayangkara Polda DIY berjumlah 18 pasien. Teknik pengambilan sampel yaitu total populasi. Analisis data menggunakan uji pearson product moment.

Hasil: Hasil penelitian didapatkan Sebagian besar perilaku caring perawat dalam kategori baik (83.3%) dan mutu pelayanan sebagian besar dalam kategori baik (72.2%). Hasil uji pearson product moment didapatkan nilai p=0.001 yang berarti ada hubungan yang signifikan antara perilaku caring dengan mutu pelayanan.

Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara perilaku caring dengan mutu pelayanan di Ruang Hemodialisa RS Bhayangkara Polda DIY.


Keywords


Perilaku Caring; Mutu Pelayanan; Hemodialisa

Full Text:

PDF

References


Yagina (2014). Buku Ajar Keperawatan Medikal-Bedah. Jakarta: Yayasan Ginjal

Diatrash Indonesia

Indonesia Renal Registry. (2018).Report of Indonesian Renal Registry 9 th

Edition.Jakarta: perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri)

Wulandari, R. D., Ridho, I. A., Supriyanto, S., Qomarrudin, M. B., Damayanti, N. A.,

Laksono, A. D., & Rassa, A. N. F. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Akreditasi Puskesmas

terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 15(3),

-236

Alligood dan Tomey. (2015). Nursing Theorist and Their Work. St Louis: The CV

Mosby Company

Aditya, G.M. (2015). Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Tingkat Kecemasan

Pasien Penyakit Jantung Koroner di RSUD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta

Skripsi. Yogyakarta: STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta

Agung Setiawan & Dicky (2017), Persepsi Pasien Hemodialisis tentang perilaku caring

perawat dalam pelayanan keperawatan di ruang Hemodialisis RSUD Dr.Hardjono

Ponorogo

Potter & Perry. (2014). Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Sinurat, J & Zukarnain, A.K. (2015). Analisis Kepuasan Pasien terhadap Kualitas

Pelayanan di Bangsal Hemodialisis RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Majalah

Farmaseutik, Vol.10, No. 1

Wijono, D. (2014). Manajemen Mutu Pelajaran Kesehatan; Teori, Strategi dan, Aplikasi.

Surabaya; Airlangga University Press,

Kusmiran. (2019). Soft skills caring dalam pelayanan keperawatan, Edisi 2. Jakarta

Butar-butar, J., & Simamora, R. H. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan

Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Pandan Kabupaten Tapanuli

Tengah. Jurnal Ners Indonesia, 6(1), 51–64.




DOI: https://doi.org/10.47317/mikki.v11i1.444

Copyright (c) 2022 MIKKI (Majalah Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Indonesia)

View My Stats