Kualitas Pelayanan Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Umbulharjo 1 Yogyakarta

Atanasia F. Yulet, *Patria Asda, Anida Anida

Abstract


Latar belakang: Tingkat kepuasan pelayanan sangat berhubungan dengan mutu suatu produk (baik berupa barang maupun jasa) sehingga pengukuran tingkat kepuasan atau suatu produk. Sangat erat hubungannya dengan mutu produk tersebut pelanggan puas, akan membeli lebih banyak dan lebih sering, mereka yang akan merekomendasikan kepada kerabat dan teman-teman nya.

Tujuan penelitian : Untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Umbulharjo 1 Yogyakarta.

Metode : Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh pasien di Puskesmas Umbulharjo 1 Yogyakarta yang diambil berdasarkan data kunjungan pasien pada bulan Agustus tahun 2023 sejumlah 436 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien di Puskesmas Umbulharjo 1 Yogyakarta sesuai dengan kriteria inklusi sebanyak 81 orang berdasarkan metode Purposive Sampling. Variabel yang diteliti kualitas pelayanan dan kepuasan pasien. Instrumen yang digunakan kuesioner dan data dianalisis dengan spearman rank.

Hasil : Berdasarkan hasil uji spearman rank didapatkan p-value= 0,000, dimana <0.005. Nilai koefiesen korelasi sebesar 0,487, tingkat kekuatan hubungan (korelasi) antara variabel Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Umbulharjo 1 Yogyakarta adalah sangat kuat dan bernilai positif. Hubungan kedua variabel tersebut searah.

Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien. Semakin baik kualitas pelayanan maka kepuasan pasien semakin meningkat


Keywords


kualitas pelayanan; kepuasan pasien; mutu



DOI: https://doi.org/10.47317/jkm.v17i2.665

Statistik Pengunjung