Pengaruh Therapy Asertif Terhadap Perubahan Pikiran Dan Perilaku Remaja Di MTS Asyifa Al-Barokah
Abstract
Munculnya fenomena kecenderungan kenakalan remaja (yang masih berstatus sebagai pelajar) akhir-akhir ini menjadi permasalahan yang mengkhawatirkan baik dari perspektif pendidikan, psikologi, sosial, maupun budaya. Kehidupan remaja yang ditandai oleh berbagai macam kenakalan remaja, adalah bukti lemahnya moralitas dan kepribadian usia remaja. Asertivitas atau berperilaku asertif adalah tingkah laku yang menampilkan keberanian secara jujur dan terbuka saat menyatakan keinginan, perasaan, dan segala pikiran apa adanya, tanpa menyinggung individu lain dan tetap memperhatikan hak sendiri. Tujuan: Mengetahui efektifitas terapi asertif training terhadap perubahan pikiran dan perilaku. Metode Penelitian: Penelitian ini Desain penelitian ini Quasi Experimental Pre-Post Test With Control Group. Penelitian ini membandingkan dua kelompok anak usia sekolah yang mengalami kesulitan belajar yang ada di MTS Asyifa Albarokah. Hasil: Hasil analisisnya didapatkan perilaku asertif dari sebelum dilakukan terapi asertif training, sedangkan setelah dilakukan terapi asertif training perilaku asertif dalam kategori asertif. Kesimpulan: Hasil menunjukkan nilai alpha < 0,05 sedangkan nilai p value yang didapat 0,012 yang artinya ada perubahan atau terjadi peningkatan perilaku asertif remaja setelah diberikan terapi asertif training karena nilai αlpha < 0,05.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.47317/jkm.v17i1.603
Statistik Pengunjung