Analisis Survei Kepuasan Pasien Pada Praktek Keperawatan Mandiri (Praktek Komplementer) Pada 3 Klinik Di DIY Dan Jateng
Abstract
Seiring dengan trend perkembangan penyakit di tahun 2023, salah satunya adalah Penyakit Tidak Menular (PTM), seperti Diabetus Milletus, Kardiovaskuler, Ginjal dan lainnya.Untuk menjawab tantangan perkembangan penyakit tersebut dijawab oleh profesi keperawatan dengan melaksanakan Praktik Mandiri Keperawatan. Praktik mandiri perawat berupa intervensi langsung kepada klien dengan ruang lingkup, wewenang dan tanggungjawabnya sebagai perawat professional. Akan tetapi pencapaian tingkat kepuasan terhadap pelayanan praktik mandiri perawat masih belum banyak dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan pasien/pelanggan dalam praktek keperawatan mandiri (praktek komplementer). Jenis penelitian adalah survei analitik dengan pengambilan sampel secara accidental sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner kepuasan pasien/pelanggan mengacu pada Parasuman yang terdiri dari 25 pertanyaan, Penelitian ini dilakukan pada 3 klinik (2 klinik di Yogyakarta, 1 klinik di Jawa Tengah). Hasil dari 135 responden, dalam penelitian terdapat 14 (10,4%) dalam kategori Puas, dan 121 (89,6%) dalam kategori Sangat Puas. Pada dimensi Responsiveness (daya tanggap) dalam kategori Sangat puas sebanyak 113 responden, dimensi Reliabilility (kehandalan) sebanyak 101responden dalam kategori Sangat, dimensi Empathy (Empati) sebanyak 114 responden sangat puas, dimensi Assurance (Jaminan) dalam kategori sangat puas 103 responden. Kesimpulan mayoritas pasien kunjungan pada ketiga Klinik Praktik mandiri Perawat dalam kategori sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.47317/jkm.v16i2.571
Statistik Pengunjung