COMPUTER BASED TEST SEBAGAI ALTERNATIF METODE PENILAIAN EVALUASI PEMBELAJARAN MANAJEMEN KEPERAWATAN

Nur Yeti Syarifah, Patria Asda

Abstract


Penerapan Computer Based Test (CBT) merupakan salah satu alternatif  dalam evaluasi pembelajaran. Computer Based Test (CBT) atau tes berbasis komputer dapat dilaksanakan dalam laboratorium komputer yang telah terkoneksi dengan jaringan dan sistemnya. Penggunaan evaluasi berbasis komputer di STIKES wira husada Yogyakarta baru memasuki tahap uji coba dan hanya di gunakan pada test masuk mahasiswa baru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat karakteristik dan hasil belajar mahasiswa prodi keperawatan dengan CBT pada mata kuliah manajamen keperawatan. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode deskriptif dengan analisis univariat.  Sampel sejumlah 44 responden yang diambil dari total populasi yang merupakan mahasiswa program Ners yang telah mengikuti mata kuliah manajemen keperawatan. Instrument yang digunakan berupa 50 soal vignette yang dimasukkan dalam program computer Based Test (CBT). Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden adalah perempuan yaitu sebanyak 34 orang (77,27%), berumur antara 20-25 tahun sebanyak 25 orang (56,81%), dan hasil evaluasi tertinggi adalah masuk kategori baik yaitu sebanyak 25  responden (56,81%). Hasil evaluasi dengan penggunaan computer based test pada mata kuliah manajemen keperawatan sebagian besar masuk kategori baik menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran menggunakan CBT dapat digunakan sebagai alternatif metode penilaian yang efektif dan efisien


Keywords


Evaluasi hasil belajar; Test berbasis Komputer; manajemen keperawatan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47317/jkm.v14i2.367

Statistik Pengunjung