EFEKTIVITAS EDUKASI TENTANG PEMILIHAN JAJANAN SEHAT MELALUI MEDIA VISUAL LEAFLET TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA SEKOLAH DASAR KANISIUS KADIROJO DI KECAMATAN KALASAN, KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Susi Damayanti, Ariana Sumekar

Abstract


Latar Belakang : Pangan jajanan merupakan salah satu asupan pangan yang digemari oleh
masyarakat, terutama anak-anak usia sekolah dasar (SD). Anak-anak yang mengkonsumsi
jajanan berakibat nafsu makan yang kurang dan mengalami masalah pada gizinya yaitu 12,2%
anak mengalami berat badan kurang, 11,4% anak mengalami berat badan lebih dan 14,6% anak
mengalami obesitas (Centers for Diseases Control, 2015). Pendidikan gizi diperlukan oleh
anak usia sekolah terutama untuk meningkatkan pengetahuan, dan sikap pemilihan jajanan
yang baik. Hasil berbagai penelitian menunjukkan bahwa intervensi pendidikan gizi dapat
meningkatkan pengetahuan, dan sikap pada anak sekolah dengan efektivitas yang berbeda beda
Tujuan : Mengetahui efektivitas edukasi melalui media visual leaflet tentang pemilihan jajanan
sehat terhadap pengetahuan, dan sikap siswa Sekolah Dasar Kanisius Kadirojo, Kabupaten
Sleman, Yogyakarta
Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan desain penelitian komparasi dengan
pendekatan pre-experimental dengan desain one group pre test- post test design. Sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Kanisius sejumlah 36 siswa. Data dianalisis dengan
menggunakan paired sample T-test.
Hasil : Terdapat peningkatan skor rata-rata tingkat pengetahuan. Sebelum dan setelah diberikan
edukasi dengan media leaflet sebesar 3,72%. Terjadi peningkatan pengetahuan jumlah siswa
sebelum diberikan edukasi dengan media visual leaflet di SD Kanisius Kadirojo Kalasan
Sleman Yogyakarta. Jumlah siswa dengan kategori baik 31 siswa (86,1%) dan setelah diberikan
edukasi meningkat menjadi 34 siswa (94,4%). Terdapat peningkatan skor rata-rata sebesar
3,34% sikap siswa SD Kanisius Kadirojo sebelum dan setelah diberikan edukasi dengan media
leaflet.
Kesimpulan : Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pengetahuan siswa SD Kanisius
Kadirojo Kalasan Sleman antara sebelum dan sesudah diberikan edukasi dengan media visual
leaflet pada siswa kelas empat SD Kadirojo Kalasan Sleman nilai sig 0,132 (p>0,005). Tidak
terdapat perbedaan yang signifikan sikap siswa SD Kanisius Kadirojo Kalasan Sleman antara
sebelum dan sesudah diberikan edukasi dengan media leaflet pemilihan jajanan sehat dengan
nilai p = 0,312 (p>0,05)


Keywords


visual leaflet; pengetahuan; sikap; jajanan sehat.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47317/jkm.v14i1.324

Statistik Pengunjung