MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PUSKESMAS BANGUNTAPAN 3 BANTUL

Valeria Yunita Cindy Day Poke, Tedy Candra Lesmana

Abstract


Ketidakpuasan masih dirasakan banyak pasien ketika meminta pelayanan kesehatan ke puskesmas. Sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan di Indonesia, puskesmas perlu memperhatikan mutu layanan yang diberikan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Banguntapan 3 Bantul. Jenis penelitian ini kuantitatif menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel yang diambil dengan teknik Accidential Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 92 orang. Data dianalisis dengan Chi-Square. Mutu pelayanan kesehatan rawat jalan di Puskesmas Banguntapan 3 berada pada kategori tidak baik sebanyak 53,3% dan kepuasan pasien berada pada kategori tidak puas sebanyak 55,4%. Ada hubungan antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan Puskesmas Banguntapan 3 Bantul.


Keywords


mutu pelayanan kesehatan; kepuasan pasien

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47317/jkm.v13i1.241

Statistik Pengunjung