KECERDASAN EMOSIONAL DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA KEPERAWATAN DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BETHESDA YAKKUM INDONESIA; DASAR UNTUK STRATEGI MENGAJAR

Yullya Permina, Edreck D. Estioko, Joseph Peter B. Regondola

Abstract


Kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor dalam prestasi akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan prestasi akademik sebagai dasar untuk strategi mengajar. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif-deskriptif-korelasi,dengan sampel 162 responden. Terdapat 4 item dalam kecerdasan emotional, yaitu persepsi emosi, mengelola emosi sendiri, memahami emosi dan pemanfaatan emosi untuk memfasilitasi pemikiran, sedangkan prestasi akademik dengan menggunakan indeks prestasi mahasiswa, penelitian ini menggunakan pearson product moment, dengan hasil t = 0.836 dan t-value 1.96, ini menunjukkan bahwa hasil t kurang dari t-value yang artinya tidak ada hubungan kecerdasan emotional dan prestasi belajar mahasiswa keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum Indonesia. Nilai yang terendah dalam kecerdasan emotional adalah memahami emosi, dengan demikian strategi yang diperlukan adalah mempertahankan peran pengajar dalam membimbing mahasiswa keperawatan untuk meningkatkan pemahaman tentang emosi pribadi, mengenali hubungan emosional, berurusan dengan perasaan, mengatasi transisi termasuk penerimaan terhadap kemarahan dan responsif.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47317/jkm.v12iKhusus.160

Statistik Pengunjung