MUTU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PESERTA JKN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT CONDONGCATUR SLEMAN

Dwi Nur Kristanti, Tedy Candra Lesmana

Abstract


ABSTRAK
Rumah Sakit Condong Catur (RSCC) selalu berupaya meningkatkan mutu pelayanan sehingga dapat
memberikan kepuasan pasiennya. Kepuasan pasien menurut laporan kepuasan di rumah sakit pada
Januari-Oktober 2017 diketahui sebesar 74,23%. Angka tersebut menunjukkan masih di bawah standar
yang ditetapkan Kementerian Kesehatan yaitu ≥90%. Hasil wawancara dengan beberapa pasien peserta
Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ditemukan masih ada pasien yang mengeluhkan prosedur tindakan
yang dijelaskan tenaga kesehatan. Pasien juga mengeluhkan tentang keadaan kamar mandi yang
terkadang bau. Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan
peserta JKN di ruang rawat inap RSCC Sleman. Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional.
Jumlah responden yang diamati sebanyak 56 orang. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat
hubungan antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien peserta JKN di ruang rawat inap RSCC
(p=0,065) dengan kehandalan (p=0,060), bukti fisik (p=0,282), jaminan (p=0,042), empati (p=0,252),
daya tangkap (p=0,159). Jaminan merupakan faktor menjadi yang berhubungan dengan kepuasan
pasien.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47317/jkm.v12i1.153

Statistik Pengunjung