EFEKTIVITAS PEER EDUCATION UNTUK REMAJA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PENCEGAHAN HIV AIDS

Dewi Ariyani Wulandari, Nur Yeti Syarifah

Abstract


ABSTRAK

Salah satu target tujuan dari pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goal/SDG) adalah
menghentikan epidemik HIV AIDS di dunia tahun 2030. Usia remaja adalah usia berpotensi terinfeksi
HIV AIDS. Salah satu upaya pencegahan HIV AIDS pada remaja adalah pendidikan kesehatan dengan
metode peer education (pendidikan teman sebaya). Kelompok teman sebaya merupakan sumber referensi
utama bagi remaja dalam hal persepsi dan sikap yang berkaitan dengan gaya hidup. Tujuan Penelitian ini
adalah mengetahui efektivitas peer education terhadap pengetahuan dan sikap upaya pencegahan HIV
AIDS remaja di Kabupaten Sleman. Desain penelitian quasi eksperimen dengan pre-post and post-test
control group design. Sampel penelitian ini terdiri atas 76 responden. Kelompok intervensi terdiri atas 38
responden menggunkan teknik peer education dengan melatih peer educator dan kelompok kontrol terdiri
atas 38 responden menggunakan metode ceramah. Pemilihan sampling mengguakan teknik purposive
sampling yang dilakukan pada dua SMA. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Tahapan analisis
data dengan menggunakan Wilcoxon dan Mann Whitney test untuk analisa bivariat. Hasil penelitian
dengan menggunakan Wilcoxon test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat pengetahuan
(p=0,000) dan sikap (p=0,000) secara bermakna antara sebelum dan sesudah intervensi metode peer
education maupun metode ceramah. Hasil Mann Whitney test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
bermakna tingkat pendidikan (p=0,000) dan sikap (0,000) antara metode peer education dengan metode
ceramah. Pendidikan kesehatan dengan metode peer education lebih efektif meningkatkan pengetahuan
dan sikap upaya pencegahan HIV AIDS pada remaja.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47317/jkm.v12i1.147

Statistik Pengunjung